Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Friday, July 6, 2007

RICUH EKSEKUSI RUMAH DI PALU

eksekusi rumah di jalan masjid raya kota palu sulawesi tengah diwarnai kericuhan, warga yang menghuni rumah menolak rumah dikosongkan dan bersitegas bertahan di rumah yang diklaim sebagai miliknya.

kericuhan ini bermula ketika tim eksekusi yang dipimpin asisten pidana umum kejaksaan negeri palu syahrul alam sekitar pukul 12.30 wita mendatangi lokasi eksekusi, kepada penghuni rumah tim eksekusi meminta agar rumah segera dikosongkan baik penghuni maupun barang-barang di dalamnya, eksekusi ini berdasarkan putusan mahkamah agung republik indonesia yang dikeluarkan januari 2007 silam.

namun penghuni rumah bernama alfonso menolak dengan alasan dirinyalah pemilik sah rumah ini, akibatnya terjadi perang mulut antara tim eksekusi dan alfonso serta anggota keluarganya, insiden ini menarik perhatian warga sekitarnya..

suasana semakin memanas ketika salah seorang anggota keluarga alfonso datang dan menolak rumah tempat tinggalnya serta barang-barang di dalamnya di eksekusi, mereka menuding aparat kejaksaan telah disogok sehingga ngotot melakukan eksekusi.

meski dihalang-halangi namun pihak kejaksaan dibantu puluhan aparat kepolisian dari polresta palu tetap melakukan eksekusi, seluruh barang-barang dalam rumah yang telah dijadikan tempat kost ini dikeluarkan satu per satu.

pihak kejaksaan negeri palu menyebutkan eksekusi ini dilakukan berdasarkan putusan mahkamah agung ri yang dikeluarkan januari 2007 dimana rumah yang selama ini dihuni alfonso harus segera dikosongkan dan dikembalikan kepada pemiliknya yang sah yakni jodie massie.

sengketa rumah ini bermula ketika pemilik rumah john massie menjual rumahnya kepada saudaranya daniel massie ayah kandung jodie massie belasan tahun silam, namun beberapa tahun kemudian daniel meninggal dunia sehingga jodie yang berdomisili di jakarta datang ke palu dan bermaksud mengambil rumah warisan ayahnya.

namun niatnya ini dicegat oleh john massie dan membantah telah menjual rumah ini ke daniel massie, jodie yang merasa telah ditipu pun memperkarakannya ke pengadilan negeri dan akhirnya dinyatakan sebagai pemenang, proses hukum ini berlanjut hingga tingkat kasasi dan jodie tetap dinyatakan pemenang, meski kalah john bersama anaknya alfonso tetap ngotot dan menempati rumah ini.

0 comments: